Official Acha Viewers

Minggu, 18 Maret 2018

Kali kedua Nyepi :)

Hello, my blog! Long time no see yaaaak.

maklum sibuk mencari hepeng, jadi susah buat nulis disini hehehe.
tapi enggak kok, sebenernya pengen banget nulis karena udah gatel banget, cuma apa daya berhubung internet kantor blogger di kunci, terusan nggak punya laptop yaudah hasilnya hilang dulu dari peredaran bumi ini, sekalian biar bikin orang pada nyariin mana tulisan ku yang baru? yang udah lama gak ada kabarnya hahahah

well, sekarang aku mau ceritain sedikit tentang Nyepi kemaren.

ini kali kedua aku Nyepi disini, di Bali, dimana semua orang yang ada di Bali menyepi.
kosong, sepi, dan sunyi. rasanya?
adem dan tenang banget memang.

sebelumnya aku pengen banget keluar dari Bali, tapi apa daya dana yang tidak menccukupi akhirnya diem di kosan menyepi sendirian. HAHAHA

tahun lalu aku menyepi memang di Bali, tapi masih bersama dengan saudaraku. dan kali ini saudaraku pergi ke Bandung, sementara aku? stay at Bali menjaga kosan tercinta hahah

tapi tetep nggak ada yang berubah yang terjadi, tetep suasananya itu nyaman dan tenang.
dan disini semua orang saling menghargai, saling menghormati.
dan aku bangga banget bisa da disini dan menikmati nyepi kali kedua ini sendirian.

awalnya, masih kerasa nggak mungkin. nggak mau sendirian dikosan dalam suasana yang gelap, gak kebayang deh waktu itu..
ditambah lagi ada peraturan baru yang bilang, kalo misalnya internet bakalan diputus.
dipikiraku waktu hanyalah "how can? masa iya tidur sehari semalam?"
ah syok banget waktu itu, dan rasanya ingin terbang ke tempat lain. entah Lombk, atau mungkin Bandung.
tapi lagi lagi dana menjadi hal yang kupikirkan saat itu.
dan akhirnya ku urungkan lagi niat ku pergi itu.

sambil dalam hati berkata "ah cuma sehari ini, enjoy ajalah. sendirian nggak masalah."

hari Junat, hari sebelum Nyepi pun tiba. semua orang dikantor sudah pulang jam 1 siang malah ada yang pulang sebelum jam 1. maklum saja jalan jalan sudah mulai ditutup untuk acara ogoh ogoh yang nantinya akan berkeliling gitu. dan melihat ogoh ogoh selalu jadi hal yang ku sukai. nggak tau kenapa..

akhirnya aku pulang pukul setengah empat sore, dan waktu itu dikantor cuma ada 3 orang laki laki dan aku tentunya. memang luar biasa betahnya aku dikantor (padahal karena bingung mau ngapain dikantor waktu itu)

sebelum sampai dikosan, aku pergi mampir sebentar ke supermarket, untuk membeli perbekalan di nyepi besok, karena nyepi semua rumah makan, warung, supermarket akan tutup selama satu hari penuh. ya jadi mau gak mau belanja dulu ehehehe

daaaaaaaaaaan, apa yang terjadi? begitu sampai di supermarket motor motor terparkir sudah sampai ke jalan raya. buseeeeeeeet, rame bener waktu itu.

aku pun nekat masuk, karena kalau nanti malem pasti makin rame supermarket nya.

akhirnya aku beli beberapa keperluan secukupnya saja.
yang penting aku tidak bosan besok, itu yang ada dalam pikiranku.

hanya sekitar 10 menit belanja, aku pun menuju ke kasir, dan ternyataaa?
dikasir sudah antri orang sampai ke belakang?
how can??

perasaan nyepi hanya sehari tapi orang berbelanja seperti untuk satu Minggu, bahkan mungkin satu bulan. HAHAHA luar biasa..

yah setelah setengah jam sudah aku menunggu antiran, akhirnya tibalah giliranku. dalam hati aku berkata "akhirnya selesai sudah."

setelah transaksi bayar membayar aku pun keluar dan menuju kosanku, lelah sekali rasanya hari itu.
aku memutuskan untuk mencuci sprei ku dan menggantinya. setelah cuci mencuci selesai, aku pun merebahkan badanku yang rasanya sudah hampir terpuruk waktu itu hahaha capek sekali waktu itu.

baru saja aku hendak menutup mata pertanda waktu itu sudah mengantuk, seseorang meneleponku. Yap, kekasih hatiku.
dia menghubungiku (video call) entah apa maksudnya sore itu menghubungiku.

ku angkat dengan malas, dan ku lihat di layar ponselku wajahnya yang sama sama lelahnya.
kita mengobrol sebentar saja, dan kemudian dia pamit untuk Jalan Salib di Gereja.

skita mengakhiri obrolan itu, ketika dia pergi aku pun sibuk main game sambil menunggu ngantuk lagi.

malam nya, aku kembali video call dengan kekasih hatiku. dan aku menerangkan kalau besok (Nyepi) nggak bisa berkomunikasi karena tidak akan ada internet (diputus sementara) hahaha

lantas dia hanya berkata baiklah kalo begitu.hehehe

dan akhirnya kami video call sampai kami bener bener tertidur! *gak inget siapa yang matiin telepon pokoknya subuh subuh udah mati aja*


NYEPI pun tiba.

pagi hari nggak berasa apa apa. yang terasa hanyalah aku nggak berangkat ke kantor. udah itu aja.

sisanya sama seperti biasanya.

dikosan ku memang sepi, hanya ada beberapa orang saja yang asik dengan kegiatannya.
ibu kosan ku pun sibuk, karena masih memiliki anak kecil dia sibuk dengan anaknya.
ya aktivitas yang seperti biasanya ku lihat sebeleum berangkat kekantor, ku lihat pagi itu.

aku memutuskan untuk bebersih kosan, mandi, nyetrika cucian kemaren. abis itu?
tiduuuuuuuur
luaaaar biasa rasanya bisa tidur pagi/

oh iya, karena mungkin udah kebiasaan bangun pagi pagi.
pas nyepi aku bangun jam 6 abis itu nggak bisa tidur lagi lanjur video call sampe jam 8 sama kekasih hati.

ya memang setelah terpurus telepon subuh subuh itu, ketika bangun aku langsung mencari kontaknya lagi, dan mencoba menghubunginya lagi. (coba coba undian aja sih, mana tau masih internetnya belum diputus) ehhehehehe

setelah jam 8 selesai, kami berdua sama sama menyibukkan diri dengan kegiatan dan akivitas kami masing masing.

aku pun tidur dan baru bangun jam 2 siang, lantas aku langsung memasak mie goreng waktu itu.
lapar sekali rasanya waktu itu.

makan. setelah makan tidur lagi dooong. hahaha
bener bener menikmati waktu libur yang indah haha ah lagian gak bisa keluar rumah juga.

bangun jam 5 sore, terus ngemil depan kosan sambil melihat anak anak kecil yang lagi asik bermain bola didepan kosanku. seneng sekali rasanya bisa menikmati hari ini dengan tenang.

jam 7 pun tiba, gelap sudah mulai meyelimuti kosanku.
lampu jalan pun gelap sama sekali tidak ada cahaya. listrik padam, internet sudah jelek sekali sinyalnya, aku saja hanya bisa bermain WA waktu itu. sisanya? sama sekali nggak bisa.
padahal tahun kemaren aku masih bisa internetan huhu

jam 8 aku masuk ke dalam kosan, dan mencoba untuk menikmati waktu dikosan ku. gelap sekali kosanku seperti mati lampu. nggak ada yang bisa ku lakukan selain sibuk menelepon kesana kesini karena takut.

sampai jam 10 suasana masih bener bener sepi. kosong. tidak ada orang berbincang bincang seperti biasanya, tidak ada lampu, tidak ada internet.
HAMPA hahaha

aku masih tidak bisa tidur kemaren, sungguh aku tidak bisa tidur dalam keadaan gelap. entah kenapa,

yaudah aku sibuk telepon aja sambil main game.
sambil berharap bisa tertidur dengan cepet.
mata sudah benar benar mengantuk, tapi nggak ada yang bisa dilakuin supaya bisa tidur

akhirnya jam 11 aku memutuskan untuk menyalakan lampu kamar mandi ku, walaupun kecil setidaknya masih ada cahaya yang bisa ku nikmati.

aku mencoba tidur dengan memejamkan mataku.
tapi tetep nggak bisa.

akhirya aku mencoba video call dengan kekasih hatiku, dengan cahaya yang sedikit dan dengan internetnya yang super duper jelek banget waktu itu.
setidaknya masih ada orang bisa ku lihat sambil menunggu ngantuk.

akhirnya setelah komunikasi via WA dengan video call entah kenapa baru sebentar saja, aku pun langsung tertidur dengan nyenyak. hahaha

dan aku bisa terbangun Minggu pagi ini, dengan bahagia dan bersyukur.

bersyukur untuk hari Nyepi yang bisa aku lewatin.
ini tahun kedua Nyepi di Bali.
mungkin tahun depan aku sudah keluar dari tempat ini, dan hanya bisa menjadikan ini kenangan yang sungguh tak bisa terlupakan. hehehe

Rahajeng Nyangra Rahina Jagat Nyepi Caka Warsa 1940. Dumogi sareng sami ngemolihan kerahayuan.
Om Santhi Santhi Santhi Om..


B, 180318 11:27




APS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar